Senin, 28 November 2011

SARESEHAN OLAHRAGA 2011

Saresehan Olahraga se-Wilayah II Cibadak
Oleh : One SM ( Sekretaris/PKS Humas S3 Cita idola)

Ketua UMUM KONI Kab.Sukabumi
Koordinator Olahraga Kecamatan (KOK) Kecamatan Cibadak selaku paniia penyelenggara Saresehanan Olahraga se Wilayah II dengan tema" Gelorakan Semangat Olahraga, Raih Prestasi Menyongsong PORKAB Tahun 2012.
Peserta Saresehan yang hadir diantaranya para ketua KOK Se-Wilayah II Cibadak, Guru OR SMP/MTs/SMA/SMA/SMK/MA, Para kepala Desa/Lurah Se Kecamatan Cibadak, Ketua PGRI Kec. Cibadak, Seluruh Pengurus KOK Cibadak, Pembina/Pemerhati/Tokoh Olahraga.
Kegiatan dilaksanakan di Aula Kolam Renang Amazone ( Depan Muara Tunggal) dengan para nara sumber :
1. Drs. H.Akhmad Jajuli, M.Pd ( Wakil Bupati Sukabumi)
2. Thendy Hendrayawan S.IP,M.Si ( Kadis Parbudpora Kab.Sukabumi)
3. Drs. H.Zaenal Mutaqien, M.Si (Kadisdik Kab.Sukabumi)
4. Ir.H.Herwan Nugraha,M.M (Ketua Umum KONI Kab.Sukabumi) 

 
Kegiatan Saresehan di buka secara resmi oleh Bapak Wakil Bupati, sekaligus memberikan arahan kepada seluruh para peserta saresehan dengan inti sambutannya " Konsep apa yang akan di lakukan oleh insan-insan olagraga untuk memajukan dan meraih prestasi olahraga di kabupaten Sukabumi?". Ini sebuah tantangan dan harapan pak Wabup yang harus di cari dan ditindak lanjuti oleh semua komponen masyarakat kabupaten Sukabumi yang peduli akan kemajuan dan prestasi olah raga kabupaten Sukabumi.
Nara sumber berikutnya adalah :Ir.H.Herwan Nugraha, MM ( Ketua Umum KONI Kab.Sukabumi, beliau memaparkan materi saresehan Olahraga dengan tema" Mewujudkan Prestasi Olahraga Kabupaten Sukabumi Melalui Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) Tahun 2012. Beliau memaparkan bagaimana mewujudkan Pengembvangan Olahraga Prestasi KONI Kabupaten Sukabumi mulai dari Landasan Pengembangan Olahraga debgab UU Nomor 3 Tahun 2005, PP No.16/2007, AD.AR KONI 2007 dan Hasil MUSORKAB IV KONI Kab.Sukabumi Tahun 2010.
Beliau juga menyampaikan Misi Pengembangan Olahraga Prestasi Kab.Sukabumi Tahun 2011-2014 yaitu " Mewujudkan KONI kabupaten Sukabumi Yang Profesional Menuju Cabang Olahraga Yang Berprestasi dan Berdaya Saing Pada Tahun 2014" , sedangkan MISI KONi Kab Sukabumi, diantaranya adalah :
1. Meningkatkan Kualitas dan Profesionalisme KONI DALAM MEMBERIKAN Pelayanan kepada Publik.
2. Meningkatkan Daya saing Cabang olahraga

Selain hal diatas, beliau juga memaparkan bagaimana kondisi olegraga Prestasi Kab.Sukabumi saat ini, dimulai dengan kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman, yang duhadapi KONI Kab.Sukabumi. Diakhir paparannya beliau memberikan Kata Kunci Dalam Olah raga Prestasi, yaitu :
1. Pembinaan Sejak Usia Dini
2. Pembentukan Club-club Olahraga di sekolah
3. Sistem Latihan Secara bertahap dan berkelanjuan
4. Kompetisi yang cukup (hasil tanding).
5. Tersedianya Pelatih yang Baik
6. Gunakan IPTEK
7. Dana Yang Memadai
8. Jaminan Masa depan
9. Organisasi Yang Baik

Nara Sumber Berikutnya : Drs.Lomri Maladi,M.Si ( Kepala Bidang olahraga/mewakili Kasdik Kab.Sukabumi)

Beliau menyampaikan Pembangunan keolahragaan Di Kabupaten Sukabumi, yang diawali dengan mmaparkan bagaimana lusnya wilayah kabupaten sukabumi 312.778,54 Ha atau 4129 Km2.
Sama dengan pembicara lainnya beliau juga menyampaikan Visi dan Misi Parbudpora, Tugas Pokok dan Fungsi Disparbudpora. Diakhiri penyampaiannya beliau menyampaikan permasalahan keolahrgaan diantaranya - kurangnya sarana dan prasarana olahraga, - kurangnya para pelatih olahraga prestasi, - kurangnya tenaga ahli, -rendahnya peran serta masyarakat terhadap olahraga, - rendahnya penghargaan pemerintah terhadap atlet-atlet berprestasi, - rendahnya dukungan dunia usaha,- rendahnya koordinasi diantara kelembagan keolahragaan.

Demikian dua nara sumber telah menyampaikan paparannya, kegiatan saresehan di lanjukan dengan tanya jawab para peserta saresehan. Diantara para peserta yang mengajukan pertanyaan adalah :
1. Kades Tenjojaya, tentang SSB
2. Asep S, Ketua Anggar Kab.Sukabumi, tentang sarana dan prasarana atlet anggar
3. Iwan Sumantri (pengelola kelas OR SMPN 3 Cibadak), tentang kurangnya perhatian pemda  terhadap keberadaan kelas OR
4. Devi Nopiandi, tentang sejauh mana para pemangku jabatan olahraga di pemda telah berunding satu meja untuk memajukan olahraga kab.sukabumi
5. Risnandar, tentang keberadaan PERSIKABUMI dan tempat latihan untuk cabang anggaR
6.Aceng Mustofa, mengenai sejauhmana kepedulian KONi terhadap atlet yang sudah berprestasi
7. Gatot, tentang sarana untuk atlet renang

Demikian, pertanyaan-pertanyaan dari para peserta yang antusias.
Setelah kegiatan tanya jawab, saresehan di tutup dengan kesimpulan :
Semua komponen masyarakat siap menggelorakan Semangat Olahraga Prestasi Menyongsong PORKAB ahun 2012 sesuai dengan bidang dan kemampuan yang dimilikinya. Diakhir kegiatan , Ketua umum KONI menyerahakan bola sepak kepada seluruh kepala Desa, Ketua PGRI secara simbolis serta kegiatan di tutup dengan ekssebisi Bina Raga dari BBC Cibadak.

Foto-foto Saresehan Bisa Dilihat Disini

1 komentar: